0
Cara Mengetahui id dan class dari suatu widget atau kolom
Seperti yang kita ketahui bersama, setiap template merupakan sekumpulan dari kolom-kolom. Dimana setiap widget atau kolom atau juga konten area pasti memiliki id tersendiri. Id ini merupakan nama dari widget tersebut seperti halnya header, sidebar, footer dan lain sebagainya. Untuk si pembuat atau designer template tersebut pasti tidak sulit untuk mengubah suatu area baik itu lebar, tinggi posisi dan lain sebagainya dari template tersebut. Namun berbeda halnya dengan kita yang hanya bisa memakai alias menikmati hasilnya.

Nah, permasalahannya disini adalah ketika ada sesuatu yang terlihat agak janggal, kemudian kita ingin memperbaiki dengan mengedit kode CSS-nya, atau kita ingin menambahkan suatu area disekitarnya, maka kita mau atau tidak mau kita harus tahu terlebih dahulu id dari kolom widget yang kita rubah. Id ini sendiri haruslah bersifat unik alias tidak boleh sama. Jadi tidak semua widget itu memiliki nama yang sama. Sehingga ketika sebuah template ini didesign, terutama template yang memiliki banyak kolom maka akan semakin banyak pula id-id yang akan diberikan oleh si designer.

Sebagai contoh misalnya sebuah template yang mempunyai 2 kolom sidebar, maka si designer ini pasti akan memberikan id tersendiri dari masing area. Pemberian id ini tidak ada ketentuannya. Id Sidebar tersebut bisa saja sidebar pertama diberi nama dengan sidebar-left dan sidebar kedua diberikan id sidebar-right, atau sidebar1 dan sidebar2, atau id-id yang lain misalnya yang satu id-nya sidebar-left, tapi sidebar yang kedua diberikan id kolom-tambahan.

Agar kita bisa mengetahui id dari suatu widget ini caranya sangat gampang. Kita tidak perlu memeriksa dan mengeditnya satu persatu. Caranya adalah kita cukup menggunakan fasilitas inspect element. Jika belum tahu tentang inspect element ini, silakan baca terlebih dahulu postingan tentang inspect element disini.

Disini saya juga akan coba memberikan satu contoh kecil. Saya akan contohkan bagaimana saya melihat id salah satu kolom yang ada di blog ngalor-ngidul ini langsung.

1. Pertama letakkan mouse pada widget yang ingin kita ketahui id-nya, sebagai contoh disini saya akan melihat id-id dari widget slider yang ada di homepage blog ini.
2. Klik kanan pada browser. Saya sendiri disini menggunakan browser google chrome. Jadi Kalau mau hasilnya sama, maka saya sarankan anda juga menggunakan google chrome.
3. Pilih inspect element sehingga kita akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini. Jika kurang jelas klik saja gambarnya.


4. Sekarang coba kalian perhatikan bagian yang saya lingkari dengan garis merah tebal. Disitu kita bisa lihat ada banyak sekali kode source dan/atau kode HTML dari blog ini. Dan disetiap tag yang berawalan <div> pasti disertai dengan kata id atau class.


Setelah kita tahu mengetahui id dari widget yang ingin kita rubah tersebut maka kita tidak perlu takut melakukan kesalahan dalam mengedit template tersebut. Karena untuk setiap id tersebut juga mempunyai kode CSS-nya sendiri sesuai dengan id-nya. Kode CSS dari id tersebut terdapat pada kolom inspect element disebelah kanan. Kode CSS tersebut juga akan berubah setiap kali kita melakukan inspect element diarea yang berbeda. Untuk melihat apakah widget yang ingin kita edit tersebut sudah benar atau tidak, maka dilayar monitor kita akan suatu tanda seperti yang terlihat di gambar dibawah ini.


Dengan demikian maka untuk pencarian id ini pun selesai. Heheee.....

Poskan Komentar

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top