0
Dalam posting sebelumnya yaitu tentang persiapan yang sebaiknya kita lakukan agar lebih nyaman dalam belajar design template, saya ada sedikit menyinggung istilah Inspect Element. Buat teman-teman yang udah jago design pasti tahu tentang hal ini. Karena memang dengan adanya fitur Inspect Element ini proses design template ini akan 1000 kali lebih mudah.

Kenapa saya bilang demikian??
Karena dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat melihat struktur code sesuai yang ditampilkan pada halaman web secara langsung. Code yang ditampilkan dalam inspect element tentunya merupakan code-code client-side, meliputi HTML, CSS dan JavaScript. Melalui fasilitas ini kita dapat melihat struktur code dan juga hasil tampilan yang kita lihat dalam browser. Kecuali Mozilla Firefox, Browser-browser populer saat ini seperti Opera dan Google Chrome telah menyediakan fasilitas ini. Fasilitas ini sudah terdapat secara langsung saat pertama kali menginstal.

Khusus Mozilla Firefox, untuk dapat menggunakan inspect element kita harus menambahkan sebuah add-on yaitu Firebug. Cara instalnya cukup mudah kok. Kita tinggal kunjungi Firebug untuk mendapatkan add-on inspect elementnya, install dan restart browser firefoxnya.

Cara penggunaannya pun sangat mudah.
  1. Kita tinggal letakkan mouse pada bagian yang ingin kita lihat element dan code sourcenya.
  2. Lalu klik kanan. 
  3. Kemudian klik Inspect Element yang biasanya berada paling bawah dari option yang muncul. 

Untuk system inspect element yang terbaru, akan ada banyak sekali bagian-bagian yang bisa kita gunakan. Namun untuk tahap awal maka kita cukup menggunakan 3 menu element saja.
3 menu utama dalam fitur Inspect Element ini yaitu:
  1. Elements :
    Pada menu elements kita dapat melihat struktur disain dari suatu halaman web yang di tampilkan dalam bentuk script atau kode dimana pada menu ini setiap elemen telah disusun berdasarkan posisi script dan setiap elemen halaman telah dikelompokkan masing-masing. Dengan fitur ini kita dapat dengan jelas melihat struktur desain dari halaman tersebut sesuai dengan coding asli yang telah di buat oleh programmer. Baik itu lebar area, tinggi area, background yang digunakan, komposisi warna yang dipakai dan lain sebagainya.
  2. Resources :
    Merupakan tampilan detail dari elemen-elemen halaman web seperti gambar dan style CSS yang digunakan (lebih mengarah ke interface web). Pada menu kita dapat melihat source lengkap dari setiap elemen gambar dalam halaman web, mulai dari gambar background, header, widget, icon, banner, dsb. bahkan kita bisa mendownload elemen tersebut dengan langsung menuju ke source yang ditunjukkan oleh gambar. Kelebihannya adalah pada menu ini setiap gambar dapat di preview secara langsung bahkan resolusi sebenarnya dari gambar tersebut juga akan ditampilkan.
  3. Scripts :
    Isi menu ini sama saja dengan isi halaman yang muncul pada saat kita melakukan view source pada halaman web.
Nah, Setelah panjang lebar menjelaskan tentang inspect element ini mungkin akan lebih mudah dipahami jika kita bisa melihat sedikit triknya langsung. Tenang saja, saya sudah siapkan satu video kok. Nanti kalian juga bisa cari sendiri di youtube tentang cara penggunaan atau fungsi dari inspect element ini. Atau jika kalian sabar, kalian bisa tunggu posting berikutnya.



Poskan Komentar

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top