7
Saat pertama mulai blogging, terkadang saya sebagai blogger baru merasa malu dengan tampilan blog saya sendiri. Apa lagi jika kebetulan saat blogwalking saya menemukan blog-blog para master dan ditambah lagi dengan ahli design.

Oleh sebab itu pula, akhirnya sedikit-demi sedikit saya juga belajar design blog saya sendiri. Namun karena kurangnya pengetahuan di bidang dasar-dasar design terasa begitu sulit untuk memahami setiap tutorial yang coba saya pelajari. Maka untuk postingan kali ini saya coba untuk menyimpulkan sedikit demi sedikit agar lebih mudah dipahami.

Yang pertama adalah apa saja yang dibutuhkan
1. Komputer
Yang paling penting dari design blog atau website adalah tentu saja sebuah komputer. Tapi sangat disarankan komputer yang digunakan dengan spesifikasi minimum sebagai berikut:

- Operating Sistem: Windows XP/Windows Vista/Windows 2000/Windows 7 atau yang setara atau lebih tinggi.
- Processor: Intel Core Duo 4 2.0 GHz or equivalent AMD Athlon 64 3000 +
- Memory: 1 GB (Windows XP) / 2GB (Windows Vista / 7)
- Hard disk dengan kapasitas minimum 80gb / 160gb / lebih tinggi.
- Graphics Card: 3D-graphics adapter with 256 MB memory, compatible with DirectX ® 9.0 and supports Pixel Shader 3.0 (Nvidia ® GeForce ® 8600 GT / ATI ® Radeon X1950 Pro or better)
- Monitor dengan kemampuan resolusi minimum 1280×768 atau 1360×768 pixel atau lebih tinggi.

Saya bukan bilang jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi dibawahnya tidak bisa. Tetapi saya bisa menjamin jika anda ingin belajar dengan nyaman maka setidaknya anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi seperti yang saya sebutkan di atas.

2. Jaringan Internet
Selanjutnya yang pasti adalah jaringan internet. Tentu saja hal ini sangat penting karena kita pasti harus melihat hasil dari ujicoba yang telah kita lakukan.

3. Browser-browser internet yang paling baru.
Seperti yang kita ketahui bersama, setiap saat system yang digunakan dalam design sebuah website ataupun blog pasti semakin berkembang dan menggunakan metode-metode yang paling baru. Dalam hal ini, browser-browser type lama  terkadang  tidak bisa menampilkan hasil design secara sempurna karena belum belum dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung.

Oleh sebab itu pula maka dalam setiap design yang kita lakukan, maka kita juga harus selalu cek hasilnya disetiap type browser. Fitur dari browser selanjutnya yang paling kita butuhkan adalah browser yang memiliki fitur inspect element. Hal ini juga nnt akan kita bahas dalam posting selanjutnya.

4. Software atau aplikasi pendukung.
Yang saya maksud sebagai software pendukung adalah seperti notepad/wordpad, photoshop, dan/atau sofware yang bisa digunakan untuk edit text dan foto lainnya. Cukup pelajari dasar-dasarnya saja karena sebisa mungkin kita akan meminimalkan penggunaan gambar dalam proses designnya nanti.

Poskan Komentar

  1. Terima Kasih...
    Jangan Lupa Mampir Di Blog Saya

    BalasHapus
  2. saya pake komputer pentium 4, RAM 512 tapi bisa juga desain Blog

    BalasHapus
  3. Anas'z @ Terima kasih Atas komentarnya..
    Tapi Sepertinya Saya juga sudah bilang gak harus gan...

    "Saya bukan bilang jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi dibawahnya tidak bisa. Tetapi saya bisa menjamin jika anda ingin belajar dengan nyaman maka setidaknya anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi seperti yang saya sebutkan"

    Mohon Baca dengan seksama sebelum meninggalkan komentar....

    BalasHapus
  4. atikel yang bermaffat untuk para newbie nih thank you,,,

    BalasHapus
  5. ikut gbung mas slam kenal..mas bisa krimi sya cara desain blog kah?sya bru mo bkin blog tp ga' tau langkah pa yang harus sya kerjakan terlebih dulu...mhn bantuannya mas krm ke email sya kurcaci1987@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. thx gan infonya, kunjungi www.narotama.ac.id

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top