4
Pengenalan JAVASCRIPT Fungsinya
Seperti halnya dalam pelajaran CSS, untuk lebih menguasai pemakaiannya, maka kita harus tahu dulu apa sich javascript itu?? Dan fungsinya untuk apa??

Javascript adalah bahasa skrip yang diletakkankan dalam kode HTML dan diproses disisi klien. Dengan adanya bahasa ini, kemampuan dokumen HTML menjadi semakin luas. Sebagai contoh, dengan menggunakan JavaScript dimungkinkan untuk memvalidasi masukan-masukan pada formulir sebelum formulir dikirimkan ke server. Javascript bukanlah bahasa Java dan merupakan dua bahasa yang berbeda. Javascript diinterpretasikan oleh klien (kodenya bisa dilihat pada sisi klien), sedangkan kode Java dikompilasi oleh pemrogram dan hasil kompilasinyalah yang dijalankan oleh klien.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa javascript itu berfungsi sebagai pemanggil suatu fungsi dari suatu argumen, baik itu berupa bilangan, parameter, variable, value, properti, metode dan lain sebagainya dengan menggunakan even-even tertentu.

Penggunaan javascript sendiri bisa dilakukan dengan menyisipkannya langsung ke dalam kode html (Internal) atau dengan melakukan pemanggilan dari luar/hosting tertentu (external). Penulisan javascript ini sendiri biasanya diletakkan didalam tag <body> atau pada umumnya (khususnya diblogspot template) diletakkat diatas tag </head>. Cara penulisannya sendiri sebenarnya sangat sederhana yaitu kita hanya perlu menuliskan nama fungsi yang ingin kita panggil beserta parameter yang mengukutinya.

Contoh penulisan Internal:
<script type="text/javascript">
document.write(“Test”);
</script>

Contoh penulisan External:
<script type="text/javascript" scr='http://.../test.js'> 
</script>

Contoh penggunaan dalam Blogspot HTML/XML.
<HTML>
<HEAD>
<title> <h1>Belajar javascript</h1> </title>
<b:skin><![CDATA[
Tempat peletakan Kode CSS
]]</b:skin>
<script type="Javascript">
Kode javascript di sini
</script>
</HEAD>
<BODY>
Kode HTML di sini
</BODY>
</HTML>

Posting Komentar

  1. Anonim @ Thanks buat komentnya.. Maklum aja ya.. Saya memang bukan seorang yang sudah ahli dalam pemograman seperti anda. Saya juga baru belajar.. Jika anda memang lebih baik dari saya, kenapa anda masih mencari yang tingkat dasar?? Dan mengapa anda tidak mau menunjukkan wajah?? anda bisa meninggalkan url di kolom koment ini jika anda bisa membuat sesuatu yang memang bermutu.. Saya juga pasti akan sangat senang jika bisa belajar dari anda...
    Semoga suatu saat saya bisa membuat postingan yang bisa dia anggap bermutu..

    BalasHapus
  2. lanjut trus brow untuk berkarya!
    anjing menggonggong kapilah berlalu

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top