0
Cara-cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode
Sebelum kita membahas mengapa Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode, akan lebih penting jika kita mengetahui dahulu penyebab dari  mengapa Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode ini. Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah disebabkan karena tombol yang error, sering bergonta-ganti Cusrom, sering install aplikasi via cmw dan mungkin masih banyak lagi penyebabnya. Memang beberapa pengalaman dari para pengguna banyak yang mengalami error pada tombol.

Pada postingan kali ini sedikit akan menshare beberapa cara mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode. Namun jika semua tombol dari smartphone anda berfungsi dengan baik, sebelum melakukan lebih jauh cara yang kami berikan dibawah ini, ada baiknya anda coba ulangi beberapa kali dulu untuk menekan tombol volume up + home + volume down + power atau cukup dengan tombol volume up + power atau volume down + power

Jika masih tetap gagal baru ikuti cara kami dibawah ini dengan seksama (Jika mengalami kegagalan atau ada timbul masa lain setelah mengikuti cara kami itu diluar tanggung jawab kami) jadi berhati-hatilah bagi anda yang belum paham betul tentang otak-atik smartphone.



1. Via Aplikasi
Syarat untuk bisa melakukan cara yang pertama ini tentunya jika Smartphone anda tidak dalam kondisi terkunci dengan PIN atau Patern dan biasanya smartphone harus sudah dalam keadaan di root. Jika belum tahu apa itu root, silakan googling dulu apa itu root dan bagaimana caranya sesuai dengan smartphone anda. 

Cara pertama ini sangat mudah menurut kami, kalian tinggal unduh dan install aplikasi yang bernama Quick Boot pada smartphone anda lalu buka aplikasi tersebut maka akan ada pilihan Reboot, Recovery, Bootloader, Power Off. Tinggal pilih Recovery smartphone akan restart dan menuju ke Recovery Mode. Namun ada beberapa smartphone yang hanya restart saja tetapi tidak menuju ke Recovery Mode.


2. Masuk Recovery Mode dengan ADB
Cara masuk ke Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode yang kedua adalah dengan masuk melalui ADB. Intinya ADB ini adalah cara lain untuk masuk ke Recovery Mode jika anda tidak bisa atau tidak mengetahui kombinasi yang tepat untuk smartphone Android anda atau ada hal yang lainnya. Syarat untuk bisa melakukan cara yang ini adalah  jika pengaturan USB Debugging pada Setting Developer Options Smartphone anda sebelumnya sudah diaktifkan dan tidak dalam kondisi terkunci dengan PIN atau Patern. 

  • Untuk langkah pertama pastikan ADB dan Fastboot telah dikonfigurasi pada PC anda. caranya dengan menginstall ADB dan Fastboot dengan Android SDK .
  • Lalu hubungkan smartphone Android anda ke PC dengan kabel USB dan install driver ADB (jika diperlukan).
  • Kemudian menuju ke folder android-sdk-windowsplatform-tools dan terbuka Command Prompt (Shift + Klik kanan di mana saja di folder > Buka Command Prompt).
  • Ketik perintah "adb reboot recovery" (tanpa tanda petik) dan kemudian tekan Enter.
  • Jangan panik smarphone Android anda akan mati dan kemudian akan boot ke recovery mode.
  • Nah dari cara masuk Recovery Mode dengan ADB sudah bisa anda lanjutkan apa tujuan anda masuk recovery mode, namun jika gagal atau belum masuk coba ulangi atau memang cara ini tidak tepat untuk masuk recovery mode untuk smartphone anda.

Cara-cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode

3. Install Custom Recovery.
Untuk masuk ke Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode yang ketiga adalah dengan menginstall custom recovery. Entah itu CWM Recovery maupun TWRP Recovery. Syarat untuk melakukannya sangat mudah jika kondisi Smartphone anda tidak dalam kondisi terkunci dengan PIN atau Patern. Anda cukup cari aplikasi Custom ROM di google play dan install custom recoverynya. Atau bisa juga dengan aplikasi Rashr. Namun  untuk melakukannya smartphone anda harus sudah dalam kondisi root. Jika belum diroot, anda harus melakukannya dengan menginstall custom recovery dengan PC atau laptop.

4. Flash ulang
Jika masih gagal melalui cara di atas mungkin sebaiknya anda flash ulang terlebih dahulu smartphone anda melalui flashtool atau odin.

5. Gunakan USB Jig
Cara terakhir jika Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode adalah dengan menggunakan USB Jig. Usb jig adalah benda kecil yang di colokkan ke port usb pada smartphone. Biasanya USB ini digunakan untuk memancing menghidupkan smartphone yang mengalami mati total. Oleh karena itu coba anda gunakan USB Jig ini untuk memaksa masuk ke menu ambil Mode atau ke Recovery Mode. USB ini bisa dibeli dengan harga murah atau bisa juga buat sendiri (googling caranya).

Demikianlah cara-cara mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Recovery Mode yang bisa admin berikan kepada anda. Jika anda ragu untuk mengikuti cara di atas alangkah baiknya anda ke tempat servis smartphone saja dan ceritakan masalah yang terjadi.

Poskan Komentar

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top