0
Mengatasi Android yang Stuck di Splash Screen
Sebelum kita masuk ke Tutorialnya, akan lebih baik jika kita tahu dulu perbedaannya dengan bootloop ringan yang cukup difactory reset sudah selesai. Stuck di Splash Screen ini mungkin memang masih termasuk ke kategori bootloop, tapi mau difactory reset seribu kalipun pasti tetap bootloop alias gagal booting. Biasanya kasus ini terjadi pada perangkat-perangkat pabrikan china atau lokal seperti Oppo, advan dan kawan-kawan. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan di flash ulang atau upgrade firmware terbaru.

Lalu bagaimana jika itu terjadi pada perangkat yang termasuk ternama seperti Samsung misalnya. Untuk kejadian Stuck di Splash Screen ini sebenarnya sangat jarang terjadi pada perangkat Android pabrikan Samsung. Namun bukan berarti tidak akan terjadi. Admin sendiri sudah menemukan lebih dari 5 kasus yang serupa. Yang terakhir adalah Samsung galaxy Core 2 SM-G355H.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada android termasuk bootloop ini sendiri sudah saya jelaskan cukup detil di postingan saya yang sebelumnya disini. Sebenarnya beberapa diantaranya bukan hanya khusus untuk kegagalan flashing dengan Spash Tool saja. Tapi juga berlaku untuk kegagalan flashing terhadap perangkat dan dengan alat-alat Flashing yang lain.

Ok.. Kita mulai saja Cara-cara mengatasi Android yang Stuck di Splash Screen ini.

1. Seperti yang admin bilang bilang di atas, coba lakukan flash ulang dan factory reset. Dalam beberapa kasus pochin dengan sekali flash saja hal ini sudah teratasi.
2. Jika setelah flash ulang dan factory reset tetap tidak bekerja, coba cek dan cari firmware terbaru. Jika belum ada cari dan download dengan firmware dengan built yang berbeda. Misalnya untuk lokasi Indonesia, Built firmware dari Samsung galaxy Core 2 SM-G355H seharusnya XSE-G355HXXU0AOB1. Untuk built yang lain sebagai contonya adalah G355HXXS0APF4.
3. Lakukan Flash ulang dan factory reset dengan firmware yang baru di download.

4. Jika masih belum bekerja, coba masukkan kartu sim dan memori eksternal. Dalam salah satu kasus terakhir yang admin alami yaitu Samsung galaxy Core 2 SM-G355H, setelah dimasukkan memori eksternal perangkat bisa booting sempurna. Tetapi jika di lepas memori eksternal kembali Stuck di Splash Screen.
5. Jika masih Stuck di Splash Screen, saatnya kita melakukan pemaksaan pada perangkat. Untuk langkah-langkahnya, admin akan contohkan flashing ekstrim ala ngalor ngidul pada perangkat Samsung galaxy Core 2 SM-G355H.

Mengatasi Android yang Stuck di Splash Screen



- install TWRP recovery.
Cara ini juga bisa kita lakukan untuk memaksa masuk ke recovery mode yang bandel. Dalam satu kasus, meski sudah di flash ulang, kita tetap tidak bisa masuk ke recovery. Karena perangkat tidak bisa lewat ke boot screen tapi stuck di Splash screen.
- Jika tetap gagal, install CWM terlebih dahulu. Setelah terinstall, baru install TWRP recovery.
- Setelah masuk ke TWRP recovery, lakukan format data. Caranya pilih Wipe - format data lalu ketikkan yes. Setelah itu geser ke kanan pilihan Swipe to factory reset.
- Jika sudah selesai Pilih Reboot kemudian power off. Jika berhasil format data, maka akan keluar peringatan yang kira-kira perangkat anda tidak terinstall OS apa pun, apa anda yakin? Maka pilih saja yes.

Nah, seperti yang anda baca di atas, di memori internal perangkat saat ini perangkat kita tidak terinstall firmware apapun. Jadi artinya kita juga harus melakukan flashing kembali. Untuk flashing perangkat samsung, terlebih dahulu cari fit file yang sesuai. Dengan begitu, fitur re-partition pada odin akan di centang secara otomatis. Dengan demikian maka mudah-mudahan perangkat android anda yang Stuck di Splash Screen akan kembali normal.

Poskan Komentar

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top