14
Dari kemaren pengen banget update postingan. Tapi bingung mau posting apa. Setelah berkelana kesana kemari sambil belajar design template buat blogspot, akhirnya saya menemukan sedikit bahan buat bahasan. Tema yang ingin saya bahas disini adalah tentang Script Random Post with Thumbnail.

Random Post with thumbnail atau gambar ini sebenarnya sudah disediakan oleh blogger dalam bentuk widget. Jika belum tahu widgetnya kalian bisa membaca langsung di Blogger Pluggins dipostingan Random Posts Widget for Blogger with Thumbnails. Namun saya disini tidak membahas tentang widget tersebut. Saya ingin membahas Cara memasang Random post tersebut Tanpa menggunakan Pluggin tapi hanya berupa mentahan scriptnya saja. Dan Bahasan Random Post with Thumbnail sangat banyak di share di google, tapi tidak satu pun yang benar-benar seperti yang saya inginkan.

Seperti kita ketahui bersama widget-widget bawaan blogger ini sudah mempunyai pengaturan default dan script yang digunakan juga All  in One. Sehingga hal ini juga pasti mempengaruhi loading dari blog. Apalagi pengguna dari script yang sama juga pasti tidak sedikit mengingat pertumbuhan dari para blogger baru yang demikian pesat.

Oleh sebab itu disini saya ingin share sebuah script yang bisa anda gunakan hanya di blog anda sendiri.


<script>
var numposts_gal = 1;
var random_posts = true;
</script>
<script src="/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showgalleryposts">
</script>

Keterangan:
var numposts_gal = 1; berfungsi untuk menentukan jumlah posting yang ingin ditampilkan. Ganti angka satu sesuai kebutuhan.
var random_posts = true; berfungsi untuk menampilkan secara acak. Jika ingin mematikan sistem acak, maka anda cukup ganti kata true dengan false

Perlu diketahui jika script tersebut hanya mentahan dan bisa hanya bisa menampilkan gambar postingan. Agar bentuk dan tampilannya sesuai keinginan kalian bisa menambahkan CSS sesuai selera.
Agar bisa di jalankan di blogger, Script di atas harus di jadikan file .js dan di upload ke hosting yang support file .js agar bisa dipasang langsung di body template. Jika tidak mempunyai hosting sendiri, Anda bisa menguploadnya ke google code. Atau bisa juga dengan memasangnya langsung melalui fitur Add Element HTML/Javascript. Untuk cara pemasangannya sendiri sudah sedikit saya bahas di postingan Script Random Post Thumbnail Only - By Label.

Melalui postingan ini juga saya ingin sedikit memberikan kritikan atau lebih tepatnya perbandingan dan sedikit penjelasan tentang script-script yang biasa di pakai oleh para designer blogger template untuk mempercantik blog mereka dengan fitur-fitur postingan mereka. Pada dasarnya hampir semua script tersebut berasal dari Blogger Pluggins, Hanya saja mereka biasanya sudah melakukan sedikit modifikasi.

Blogger Pluggins sendiri telah banyak menyediakan fitur-fitur siap pakai, diantaranya Pluggin Popular Post, Recent Post, Random Post, Featured Post, Related Post Dan banyak lagi yang lain. Perlu di ketahui jika  menurut yang saya ketahui setiap script tersebut mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda.

Popular Post atau Entri Populer ini sesuai namanya merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menampilkan Postingan yang paling banyak dibaca atau dilihat.
Recent Post = berfungsi untuk menampilkan artikel-artikel terakhir berdasarkan tanggal posting atau juga Artikel yang di update.
Featured Post berfungsi untuk menampilkan postingan atau artikel berdasarkan label-label khusus.
Related Post berfungsi dan memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Featured post. Biasanya Related Post ini dibuat hanya tampil jika kita sudah masuk ke postingan.
Random Post berfungsi untuk menampilkan artikel-artikel secara acak, Baik itu secara keseluruhan maupun berdasarkan label-label tertentu.

Sebagai Contoh hasil dari Script Random Post with Thumbnail ini bisa kalian lihat di bagian footer blog ini. Silakan refresh halaman homepagenya, maka jika kalian perhatikan setiap kali direfresh maka gambar setiap label akan berubah.

Nah..
Jika ada para master-master blogger punya pendapat lain, Mohon di share dikolom komentar dibawah.

Posting Komentar

  1. Wow info yang sangat menarik sobat salam blogger ya

    BalasHapus
  2. Thx ya maaas.. setelah digebukin sama css saya skarang msti berhadapan sama jquery.. Hahahahha..

    BalasHapus
  3. thks infonya sob, di tunggu kunjungan bakliknya.

    BalasHapus
  4. Manturnuwun Monggo mampir di Blog saya

    BalasHapus
  5. gx jalan

    kenapa ya mas.?
    mohon solusinya

    BalasHapus
  6. Scriptnya udh ane tes dan berfungsi dengan baik di semua blog ane...
    Silakan lihat demonya di infogame-online.blogspot.com atau di thedoctortemplate.com.

    jika script ini tidak berfungsi diblog anda, silakan ada beberapa kemungkinan yang mgkn terjadi.
    1. pastikan setting feed blog anda secara penuh.
    2. pastikan yang bisa mengunjungi blog anda adalah semua pengunjung.
    3. coba ganti kode

    <script src="/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showgalleryposts">
    </script>

    dengan

    <script src="URLBLOGANDA/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showgalleryposts">
    </script>

    ***
    Ganti URLBLOGANDA dengan URL blog sobat....
    dengan menambahkan langsung URL tersebut maka random post tidak hanya akan muncul di homepage tapi juga di setiap halamam blog anda.

    jika tidak berhasil juga, coba alternatif kedua yaitu script di postingan Sript Random post With thumbnail + Title + Comment + Post Time

    BalasHapus
  7. artikel yg cukup menarik bro dan ulasannya juga padat dan jelas dan terus terang aku suka membacanya dan salam kenal dari mico ya, dan sekalian bagi teman2 yg suka dgn film box office terbaru silakan kunjungi situsnya ok, dan makasi utk admin disini juga makasi ya, thanks keep blogging

    BalasHapus
  8. Makasih gan scriptnya sangat berguna sekali.. :)

    BalasHapus
  9. Thanks informasinya...saya coba lihat cara pasangnya dulu :D

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top