13
Script Unselect dan CSS Anti Copas
Terkadang sakit memang jika tulisan atau postingan yang dikerjakan dengan susah payah kita ketahui di copy paste alias di copas alias di curi orang lain. Postingan blog ngalor ngidul sendiri mungkin rata-rata telah ada salinannya di blog yang lain. Hal ini juga lah  yang membuat malas untuk update posting.

Sebenarnya ada sedikit keinginan untuk memasang Script Unselect atau CSS Anti Copas biar orang tidak menggunakan postingan untuk postingan blog pribadi.

Ngomong-ngomong soal Script Unselect atau CSS Anti Copas ini, mungkin sebagian dari teman-teman ada yang berniat untuk memasangnya di blog pribadi.

1. Script Unselect


Cara penggunaannya adalah cukup dengan mengcopy kode script diatas kemudian letakkan di dalam tag body template. Biasanya untuk kode script di template blogger masuk ke Menu Edit HTML diletakkan di atas kode </head>

2. CSS anti Copas.
Selain dengan memasang script unselect, cara lain agar postingan kita tidak bisa di copy paste alias copas adalah dengan memberikan sedikit kode CSS unselect atau CSS Anti copas. Caranya cukup gampang. Yaitu cukup dengan memberikan kode CSS dibawah ini ke kode CSS area yang tidak ingin di copas. Biasanya kode ini ditambahkan pada bagian posting.

Sebagai contoh untuk menonaktifkan CSS Unselect atau CSS Anti Copas ini hanya pada bagian posting, silakan masuk ke bagian Design - Edit HTML. Kemudian cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut diatasnya.

.post-body {
display:block;
-moz-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-o-user-select:none;
user-select: none;
unselectable: on;
-webkit-user-select: none;
}

Jika ingin menggunakan CSS Anti Copas ini diseluruh halaman, ganti saja kode diatas menjadi;

body {
display:block;
-moz-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-o-user-select:none;
user-select: none;
unselectable: on;
-webkit-user-select: none;
}
Dengan demikian maka semua tulisan yang ada di blog anda tidak akan bisa di copas atau sedikit lebih terjaga karena fungsi Script dan CSS diatas adalah untuk mendisable fungsi select, klik kanan dan CTRL A. Dengan menerapkan kode tersebut blog anda juga akan tidak bisa ditembus menggunakan shortcut pada keyboard sehingga dapat mencegah copy paste artikel post tanpa seizin penulis dan tidak memperlambat loading blog anda.

Kekurangan dari jika kita memasang Script Unselect atau CSS Anti Copas diatas adalah secara otomatis Page View dari pengunjung pasti akan berkurang karena mereka tidak bisa membuka banyak postingan secara bersamaan yang disebabkan link yang ada diblog kita tidak bisa dibuka di tab baru jika link yang akan dibuka memang bukan link yang di setting terbuka di tab baru.

Posting Komentar

  1. akhir ny ketemu juga cara ny... thanks gan... dah seminggu cari cara anti copas hanya di postingan.... ehh ketemuny disini

    BalasHapus
  2. Tapi ya juga susah untuk menghindari copas, jikapun menggunakan script mereka bisa mematikan javascipt pada browser. Sbb cara mematikan javascript juga sudah banyak yg share.

    Tapii bagaimanapun, tips ini bisa juga dijadikan alternatif. Siapa tahu belum banyak yg bisa mematikan javascript pada browser

    BalasHapus
  3. arie5758 @ Setiap trik pasti ada kelemahannya.. terutama jika kita hanya mengandalkan satu cara. Oleh karena itu, maka tidak ada salahnya jika kita menambahkan block dengan menggunakan CSS.. atau bisa juga dengan menggunakan keduanya...

    BalasHapus
  4. sudah diterapkan. makasih banget ya...

    BalasHapus
  5. Nice info, but kalo mw masang kaya ginian ane jg mikir 2x sob. Kenapa harus masang ginian sedangkan ane'a sndiri doyan copas artikel dr blog orng lain hehehe :DD

    sekedar pembelajaran saja. kunjungi balik ya sob: www.kemudahanteknologi.blogspot.com
    salam blogger ^^

    BalasHapus
  6. masbro, saya mw nanya, kalo script anti copas, buat label tertentu ada gak ya masbro?

    BalasHapus
  7. gan kok di google chrome masih bisa di blok???? apa script'y kurang?? mohon pencerahannya..!!!

    BalasHapus
  8. sudah di terapkan, tapi koq masih bisa di select ya..kira2 apa yg salah ya??..thx b4

    BalasHapus
  9. penyembuhan penyakit stroke, Anonim @ CSS sudah di update, dan sudah dites berfungsi di semua browser....

    BalasHapus
  10. walaupun tetep aja yang namanya udah niat copas, pasti ngakalin. tapi setidaknya kita udah berupaya untuk mengurungkan niat pelakunya.

    Yang pasti, memang perlu pembiasaan ke temen2 yang biasa ngopas buat menghargai orang yang bikin artikel, minimal cantumin sumbernya ke klo pun ngga ngasih url.

    trims infonya pengalamannya bermanfaat buat saya'

    BalasHapus
  11. wah keren sob... untuk mengtatasi maling artikel tu... tapi kayaknya kasihan juga ya... hehehe...
    kunjngannya sob... http://blogku-al.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Makasih infonya gan.
    Salam Pemula. http://abdulsidik95.blogspot.com

    BalasHapus
  13. klo utk wordpress di paste dimana min??
    ane taunya cuma pakai plugin doank..
    itupun klo dibrowsernya dimatiin javascriptnya, jadi terbobol klik nya..

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top