3
Salah satu keuntungan dari menggunakan custom template untuk blogger biasanya kita tidak terlalu repot edit sana edit sini dari template yang disediakan. Sebuah custom template juga rata-rata telah dilengkapi dengan berbagai widget dan konten-konten favorite dan disukai oleh para blogger.

Salah satu cirinya lagi adalah telah menghilangnya widget-widget bawaan dari blogger, seperti misalnya navbar bawaan blogger. Tapi tahukah anda jika sebenarnya widget tersebut sebenarnya tidaklah hilang dari template anda. Widget tersebut biasanya hanya disembunyikan oleh designernya.

Coba saja ada masuk ke menu edit html dari dashboard anda. Kemudian cari kode berikut ini.

#navbar atau .navbar

Biasanya kode CSS yang akan mengikuti dari kode tersebut adalah seperti ini:

#navbar {
visibility:hidden;
}
.navbar {
visibility:hidden;
}
#navbar {
display:none
}
.navbar {
display:none
}

Memang betul jika dengan kode tersebut maka Navbar bawaan blogger tersebut akan menjadi hilang atau tersembunyi. Namun bukan berarti navbar bawaan blogger tersebut benar-benar hilang. Sebagai buktinya adalah jika kita sedikit tahu tentang inspect element atau dilihat dari page sourcenya, sebenarnya widget tersebut masih ada.


Lalu bagaimana caranya agar Navbar dan widget bawaan blogger tersebut benar-benar hilang??
Caranya cukup gampang.

1. Login ke dashboard -> design -> edit html.
2. Cari kode:

 <body>
3. Letakkan kode berikut tepat diatasnya.
<script type="text/javascript">
<![CDATA[
<!--/*<body>*/-->
]]>
</script>
4. Save Template.
Maka kita akan ada pemberitahuan seperti ini. Klik saja hapus atau delete widgets.

Maka widget-widget bawaan dari blogger tersebut akan benar-benar hilang termasuk juga widget bawaan lainnya seperti tanda obeng atau quick edit dan lain sebagainya.

Tambahan:
Jika kita ingin memunculkan kembali widget tersebut, maka kita tinggal hapus kode tersebut. Gampangkan??

Posting Komentar

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top