2
Ganti Hardisk Notebook HP Pavillion 14-R110TU
Tidak banyak yang bisa admin terangkan ditutorial ini karena tutorial ini hanya sebatas cara membongkar Notebook HP Pavillion 14-R110TU. Tujuannya hanya untuk para newbie yang mungkin sedang bermasalah dengan hardisk laptop dengan tipe yang sama. Yaitu saat hardisk Notebook HP Pavillion 14-R110TU kepunyaan kalian mengalami kerusakan yang parah dan harus diganti. Sementara masa garansi dari laptop kita sudah habis.

Oleh sebab itu, dipostingan ini admin coba untuk memberikan langkah-langkah untuk proses pembongkaran Notebook HP Pavillion 14-R110TU ini lengkap dengan gambar-gambarnya.



1. Langkah pertama sebelum kita membongkar laptop ini adalah sebaiknya pastikan batre laptop sudah di lepas dan colokan charger juga tidak terpasang. Lebih bagus lagi kita tunggu sekitar 2 sampai 5 menit sebelum pembongkaran. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan seluruh aliran listrik dalam laptop untuk menghindari terjadinya short atau korslet arus pendek dalam laptop. Admin pernah mengalami hal ini saat mengganti LCD dari sebuah Laptop sehingga kondisi laptop malah rusak parah.

Ganti Hardisk Notebook HP Pavillion 14-R110TU

2. Lepaskan semua baut yang ada dibagian belakang laptop.

Bongkar Notebook HP Pavillion 14-R110TU

3. Buka penutup RAM lalu lepaskan RAM dari slotnya. Buka juga baut yang ada dibawah penutup RAM.


4. Tarik keluar DVD internal.


5. Lepaskan juga baut yang ada di bawah DVD internal Laptop.


6. Setelah bagian belakang selesai, selanjutnya adalah lepaskan keyboard laptop HP 14-R110TU anda. Caranya, congkel keyboard dengan menggunakan pencongkel khusus. Sebaiknya jangan gunakan pencongkel dari besi karena bisa merusak cashing dan keyboard. Saat mengangkat keyboard jangan tergesa-gesa. Lakukan dengan hati-hati karena kabel fleksibel keyboard sangat mudah rusak. Angkat juga pengunci kabel yang ada di soket dengan hati-hati. Jika pengunci sudah terbuka kabel fleksible biasanya akan terlepas dengan sendirinya.


7. Setelah Keyboard terlepas, buka juga pengunci kabel fleksible Touch Pad dan Power. Buka juga semua baut yang ada di bawah keyboard.


8. Lepaskan baut dan pengunci kabel fleksible USB. Lalu angkat Port USB Portable.



9. Lepaskan juga baut pengunci speaker laptop. Lalu angkat.


10. Lepaskan juga baut pengunci hardisk. Lalu Angkat hardisk yang rusak.


Setelah semua komponen di lepas dan hardisk yang rusak berhasil di angkat, saya rasa sekarang kita tinggal mengganti hardisk dengan yang baru kemudian kita tinggal mengembalikannya seperti semula. Untuk proses pemasangan kembali Hardisk Notebook HP Pavillion 14-R110TU ini saya rasa tidak perlu saya jelaskan karena langkah-langkahnya hanya kebalikan dari tutorial diatas.

Poskan Komentar

  1. keren gan informasinya sangat membantu,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada servis laptop jogja https://servicelaptopjogja.wordpress.com/ tinggal kunjungi aja gan

    BalasHapus
  2. gan, punya driver HP Pavillion 14-R110TU gak.. boleh dong link drivernya..

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top