14
Pada umumnya, jika orang yang pertama kali membeli perangkat dengan sistem operasi android ini pasti agak canggung dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Hampir bisa dipastikan maunya tinggal pake. Bisa BBM-an, bisa Facebookan, dan lain sebagainya sudah cukup. Sehingga mereka menyerahkan sepenuhnya untuk pembuatan email dan akun-akun yang seharusnya menjadi hal yang pribadi kepada tukang konter tempat mereka membeli. Hal ini juga berlaku untuk pembuatan akun google pada saat pertama sekali kita mengaktifkan perangkat.

Mereka baru kelabakan setelah salah satu akun tersebut bermasalah. Misalnya tidak sengaja meng-uninstall salah satu aplikasi yang mengharuskan kita harus memasukkan email dan password. Tapi parahnya, si tukang konter tidak pernah memberi tahukan email dan password tersebut kepada mereka. Salah satu kejadian yang paling umum adalah karena mungkin ada yang bersifat pribadi, maka si empunya perangkat mengaktifkan fitur lock patern atau sandi khusus di perangkat mereka.

Lalu apa yang terjadi ketika kita lupa sandi atau lock patern yang kita buat? 
Tentu saja perangkat tersebut akan terkunci. Untuk membukanya hal yang paling terakhir dibutuhkan adalah email dan password akun google. Sekali lagi parahnya, si tukang konter tidak pernah memberi tahukan email dan password tersebut kepada mereka.

Nah, kejadian ini juga terjadi kepada salah satu adik saya yang baru pulang dari Malaysia. Saat handphonenya merek Lenovo seri A369 di tinggal, keponakan yang paling kecil memainkan handphone miliknya yang sudah di beri lock patern. Alhasil, handphone tersebut terkunci dan meminta email dan password akun google. Sampai akhirnya memaksa saya untuk googling sampai 2 hari untuk membuka kunci tersebut.

Buat anda yang mengalami masalah yang sama, di bawah ini saya akan coba menuturkan tutorialnya. Karena setahu saya belum ada satupun postingan dalam bahasa indonesia yang saya temui. Yang ada malah bahasa Rusia dan China.

Cara mengatasi lupa patern atau pin lenovo A396.
1. Download File A396_S162_140528.rar di link ini.  Ekstrak file dengan menggunakan winrar. Password: leask
2. Di dalam hasil folder ekstrak buka dan ekstrak kembali file Andrew升级工具和文档.zip
3. Setelah di Ekstrak, Install driver lenovo A396 yang ada didalam folder Andrew_DriverPackage_140617 -> Andrew_DriverPackage_modefy -> 597_DriverPackage(2014-04-22)_vid. Sesuaikan dengan windows yang anda gunakan. Jika anda menggunakan selain komputer dengan prosessor/motherboard AMD dan sistem operasi windows 64bit, install driver yang ada di folder x86. Jika ada peringatan dari windows yang muncul sampai sekitar 9x, klik saja "Install this driver software anyway" sampai proses install driver selesai.
4. Hubungkan perangkat (Handphone) dengan komputer. Setelah komputer selesai mengidentifikasi perangkat lepaskan usb dari komputer. Jika ada peringatan driver yang tidak terinstall sempurna biarkan saja.



5. Jalankan aplikasi ResearchDownload R2-9.9005 yang ada di folder A396升级工具 - > ResearchDownload_9005.
6. Setelah aplikasi ResearchDownload terbuka, klik Load Packet atau icon seperti 1 gear besar yang ada di pojok paling kanan. (1)
7. Cari dan pilih file A396_USR_S221_1406262000_WW16_DEV_CN.pac yang ada didalam folder hasil ekstrakan A396_S162_140528.rar. Jika aplikasi not responding, biarkan dan tunggu saja karena aplikasi sedang me-load file.
8.  Setelah aplikasi selesai meload file A396_USR_S221_1406262000_WW16_DEV_CN.pac, klik icon nomor 2 dengan icon 2 gear. Disitu kita akan melihat download setting (2). Hilangkan semua cheklist kecuali pada chekbox FLD1, FDL2 dan Userdata (4). Lalu klik OK. Pengaturan yang lain biarkan saja default.
9. Klik Download (icon segitiga ke samping yang ada di urutan nomor 3 dari kanan (3).



10. Matikan perangkat, lalu lepaskan batre selama sekitar 10 - 20 detik.
11. Pasang kembali batre tapi jangan hidupkan perangkat.
12. Tekan tombol Volume -, lalu hubungkan perangkat dengan usb ke komputer.
13. Setelah aplikasi terlihat berjalan dengan warna biru, lepaskan Volume - yang anda tekan. 
14. Tunggu hingga proses selesai dan perangkat akan restart sendiri.

Dengan cara diatas Alhamdulillah, admin berhasil Cara mengatasi lupa patern atau pin lenovo A396.

NB:
Jika anda ingin melakukan flash ulang (Flashing ROM), Langkah no 8 dilewati saja alias tidak usah di lakukan.

Posting Komentar

  1. bosss...berbagi itu sangat indah,,tolong password nya boss

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya...hp ane udah bisa di pekek lagi....

    BalasHapus
  3. Pass: leask
    Sudah diterangkan pada poin no satu setelah link download.

    BalasHapus
  4. Kasusnya sama ma adik aku...udah dibawa ke beberapa counter ga bisa juga...mau nyoba cara ini moga2 bisa

    BalasHapus
  5. mas link nya gak jln tuh.....

    BalasHapus
  6. gan kok imeinya ilang ya, trus kok file yg NV ga bisa di flash ya.
    peringatannya "failed : wait to input........"

    BalasHapus
  7. Link Sudah di Update gan...
    Klo Link tidak lagi berfungsi, silakan coba cari di google atau di 4shared.com.
    File bukan di upload sendiri soalnya...

    BalasHapus
  8. Thaksh gan,mantap,,,, sukses slalu....

    BalasHapus
  9. gimana bos
    hp saya tidak bisa juga

    BalasHapus
  10. gAN KOK TK BISa ya pas di colok malah ngisi batre

    BalasHapus
  11. gan ko hp saya jadi mati. getar 2 kali. mohon infonya

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top