5
Websearch bisa juga dimasukkan dalam kategori virus hebat. Websearch adalah pembajak profesional yang mampu melakukan pengalihan browser yang disebabkan oleh plug-in. Biasanya, hal itu disebabkan ketika kita mendownload seperti permainan, Toolbar, media player atau freeware lain yang dibundel dengan perangkat lunak pihak ketiga. Jika komputer kita sudah terinfeksi, maka akan susah sekali menghapusnya. Bahkan anti virus biasa tidak akan mempan. Gejala infeksi yang ditimbulkan bisa seperti berikut :

  • Homepage browser berubah menjadi Websearch secara otomatis
  • Mesin telusur bawaan diganti dengan Websearch tanpa meminta izin pengguna
  • Tab baru akan terbuka dengan Websearch
  • Komputer mulai bekerja lebih lambat dari biasanya
  • Jika seseorang mencoba untuk mengubah pengaturan browser Internet dan mengganti Websearch dengan apa pun tidak akan bekerja
  • Kita akan terganggu oleh pop-up iklan ketika browsing

Nah, jika komputer sobat mengalami hal seperti itu, ada banyak cara yang ditawarkan untuk menghilangkan gejala ini, akan tetapi ternyata semua itu hanya memperumit masalah saja.

Bagaimana tidak??
Dari keterangan diatas websearch di kategorikan sebagai virus. Tapi benarkah untuk mengatasinya harus menggunakan antispy ato anti malware yang khusus??

Ternyata dari pengalaman saya gak serumit itu kok. Karena sebenarnya Websearch ini hanyalah berpengaruh pada browser. Jadi Websearch tidak lebih dari sejenis toolbar, plugin, atau extensi khusus. Memang jika kita tidak mengetahui itu akan sangat merepotkan.

Lalu bagaimana solusinya agar browser kita bisa terbebas dari websearch ini??
Karena setiap browser tidaklah sama, maka cara mengatasinya pun berbeda pula. Tapi yang paling pertama harus di lakukan adalah kita harus uninstall dulu program pembawa masalahnya. Setelah itu bersihkan PC dengan CCleaner. Kemudian restart PC sobat agar tidak ada lagi program yang masih berjalan. Setelah itu baru kita bereskan tuh si Websearch yang nyebelin.

Mengatasi WEBSEARCH.GOOD RESULTS.INFO pada mozilla bisa dengan Mereset firefox kembali ke default. Untuk mempermudah hal ini, anda bisa download add-ons nya di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/searchreset/

Kemudian disable Plugins Websearch
Cara nya buka tools - add ons - plugins - disable/matikan Plugins Websearch.

Sementara pada Google chrome, buka tab setting. Pada bagian on startup, klik pada link set pages di samping pilihan Open a specific page or set of pages. Lalu hapus URL web search yang ada paling atas.

Lalu pada menu Search klik tombol manage search engine, lalu hapus juga pilihan search engine Websearch dari list. Pilih google atau search engine kesukaan anda sebagai default.

Langkah terakhir adalah masuk ke menu extentions. Lalu hapus extentions redirect dan extentions websearch.

Langkah-langkah ini juga bisa di lakukan di browser-browser serupa yaitu Comodo dan RockMelt.

Semoga Bermanfaat

Posting Komentar

  1. Terimakasih, firefox saya dah kembali spt semula

    BalasHapus
  2. saya tidak tahu program pembawa masalahnya, bagaimana?

    BalasHapus
  3. bagaimana cara tau program pembawa masalahnya

    BalasHapus
  4. Terikasih mind,,, ini sangat membantu :)
    http://obatkhasiat.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top