1
Setelah sekian lama semenjak peluncuran fitur terbaru dari blogger atau blogspot, akhirnya google resmi menggunakan fitur terbaru dari blogger interface dan blogger interface versi lama juga resmi dihapus. Meski fitur terbaru ini dikatakan banyak memiliki kelebihan dibandingkan fitur sebelumnya, namun hal ini tentu saja tidak membuat semua blogger menjadi senang. Hal ini disebabkan perbedaan tampilan fitur terbaru ini sangat jauh berbeda dengan fitur sebelumnya.

Salah satu perbedaan yang sangat besar adalah difitur ini, sebagian besar, blogger telah menggunakan jquery dan google API dalam pembangunan strukturnya. Memang untuk yang telah memiliki speed internet yang bagus akan terasa lebih ringan. Tapi tidak dengan speed jelek. Loading akan terasa lebih lama dari sebelumnya. Begitu juga fonts yang di gunakan terasa begitu kecil dan sulit untuk dibaca.

Dan ada satu lagi yang mungkin membuat blogger lama akan sedikit bingung. Difitur blogger terbaru ini, meskipun settingan default untuk posting adalah dengan menggunakan compose. akan tetapi untuk pemisah line, pengaturan defaultnya pun tidak menggunakan enter. Akan tetap menggunakan tag html  <br> . Sehingga ketika kita melakukan edit postingan atau berpindah ke fitur edit html, maka seluruh pemisah baris akan secara otomatis dibaca bukan pemisah baris oleh sistem dan postingan tersebut akan terlihat bertumpuk jadi satu.

Oleh sebab itu, kita harus melakukan beberapa setting ulang di bagian posting. Seperti contoh kasus di atas, untuk mengatasinya kita hanya perlu mencari setting di samping kanan. Klik bagian option, kemudian line breaks. Anda akan melihat pilihan defaultnya adalah  Use <br> tag  . Ganti pengaturannya dengan option kedua yaitu  

Kabar yang paling menarik dari fitur terbaru ini adalah kita dapat melakukan Custom Permalink, Dimana dengan Custom permalink ini, kita dapat menentukan sendiri URL dari postingan kita tanpa harus terpotong seperti halnya di blogger fitur lama yang hanya memberikan fitur Automatic Permalink. Sehingga dengan demikian, URL postingan ini konon kabarnya juga bisa menyebabkan postingan blog kita lebih SEO Friendly

Poskan Komentar

  1. Wah... Benar banget, Interface baru Di Awal memang sangat membingungkan...
    Perlu waktu untuk kita bisa terbiasa...

    Saya mau tanya soal Redirect Domain di New Blogger..
    Apa redirect domain saat ini perlu seting juga di Domain Panel ??
    Saya bingung... saat mau redirect domain jepunbali.co.id...
    Saat Setting, Mungkin dikatakan Sukses..
    tapi saat buka, seperti ada Jeda waktu saat load loading awal.. coba deh di tesss

    mohon pencerahaannya guru... terima kasih...

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top