1
Secara mendasar, Blogger menggunakan template berplatform HTML/XML dengan didukung pengaturan tampilan CSS dan fungsi-fungsi javascript. Kita mengenal adanya fitur edit template HTML Blogger dimana kita dapat dengan bebas melakukan modifikasi, desain ulang, hack, penambahan fitur dari pihak ketiga (third party) berupa widget, dan lain-lain.

Untuk benar-benar menguasai atau memahami setiap pelajaran maka yang perlu kita ketahui pastilah dasar-dasar atau pokok yang paling penting dari hal yang ingin kita pelajari tersebut. Sama halnya dengan template blog. Agar bisa mengedit bahkan membuat sendiri sebuah template, maka sebelum belajar mengedit template dari blogger yang paling penting adalah dengan mengetahui struktur dasarnya terlebih dahulu.

Dari struktur dasar inilah yang kemudian menjelaskan setiap bagian dari template blogger secara lebih rinci dan membantu kita untuk melalui proses pengkodean dan merancang sebuah template langkah demi langkah.

Struktur desain sebuah blog pada dasarnya terdiri atas beberapa bagian utama seperti berikut:
1. Tag HTML :
- Setiap desain blog/web selalu diawali dengan tag pembuka <html> dan ditutup dengan tag </html>
- Di antara tag inilah berbagai kode html yang lain ditambahkan untuk menciptakan sebuah desain blog/web.

2. Tag head :
- Diantara tag pembuka <head> dan penutup </head> terdapat tag title yang di dalamya berisikan blog title atau blog title yang disertai post title (judul posting).
- Diantara tag pembuka <head> dan penutup head </head> juga menjadi tempat kode CSS yang berfungsi sebagai pembangun blog dan beberapa javascript diletakkkan. Untuk tempat peletakan code CSS biasanya tepat diantara kode <b:skin><![CDATA[ sampai dengan kode ]]></b:skin>. 
- Diantara tag <head> dan <b:skin><![CDATA[ juga biasanya menjadi tempat peletakan script, font yang digunakan dan meta content dari blog tersebut.
3. Tag body :
Tag body merupakan tempat utama semua aktifitas blogging. Beberapa desain akan dibangun dalam tag ini untuk divisualisasikan melalui halaman blog. termasuk pula widget-widget yang menjadi bagian dari isi halaman, diawali dengan <body> dan diakhiri dengan </body>. Pada bagian body bisanya terbagi menjadi 3 (tiga) bagian utama.

- Header Blog : Header blog berisi Nama blog beserta link-nya serta sering ditambahkan beberapa link baru seperti misalnya daftar menu (navigasi horizontal).
- Content : pada bagian ini terletak kolom posting.
- Sidebar : Sidebar bisa berjumlah 1 (satu) kolom atau bahkan hingga 3 kolom. Ditempat ini biasanya widget ditambahkan..
-Footer : Footer terletak di blog bagian paling terbawah. Footer juga biasanya dimanfaatkan peletakan widget tambahan dan juga untuk menempatkan identitas pembuat design sekaligus linknya.

Dari keterangan diatas maka setiap template dari blogger pasti memiliki susunan seperti dibawah ini.

<html>
<head>

Tempat peletakan Script, font dan meta content.

<b:skin><![CDATA[
<b:skin><![CDATA[

Tempat peletakan CSS

]]></b:skin>
]]></b:skin>

Tempat peletakan Script dan CSS

</head>
<body>

Tempat peletakan Content dari blog berisi seperti Title, posting, sidebar,
dan footer.

</body>
</html>

Nah..
Setelah kita mengetahui dasar-dasarnya maka nanti semua akan kita bahas satu persatu mulai dari header sampai footer pada posting-posting berikutnya.

Poskan Komentar

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top