12
Ini merupakan pengalaman yang paling menyakitkan yang saya alami.
Bagaimana tidak??!!!
Setelah hampir 2 bulan lebih berharap untuk bisa mendapatkan sedikit penghasilan dari Google Adsense, akhirnya harapan itu kandas. Karena tepat tanggal 13 Oktober 2011, Akun GA Ngalor Ngidul Resmi dibanned.

Melalui posting ini admin ngalor ngidul ingin mencurahkan sedikit pengalaman perjalanan selama menjadi admin blog ini, dan perasaan kecewa terhadap kebijakan-kebijakan yang diselenggarakan oleh Google.

Pertama yang membuat kecewa adalah dengan pernyataan Google tentang .co.cc. Seperti diketahui bersama sebelum dikembalikan ke domain yang sekarang, dari pertama kali blog ngalor ngidul dibuat sampai mempunyai beberapa member setia dan mempunyai PR 3, blog ngalor ngidul menggunakan domain gembelelit.co.cc. Namun karena semua postingan ngalor ngidul lenyap dari Google Search Engine, Admin terpaksa mengembalikannya ke domain yang sekarang. Dan Harus bekerja mulai dari 0 lagi.

Mengapa Google melakukan hal tersebut??
Alasan utamanya adalah kebanyakan pengguna .co.cc merupakan blog-blog yang tidak bermutu alias sampah. Sehingga blog-blog yang sebenarnya bukan blog sampah pun ikut terkena imbasnya. Padahal mereka juga pasti tahu, Postingan yang mungkin bagi mereka adalah sampah, bisa jadi itu adalah ilmu yang sangat bermanfaat bagi para Newbie.

Setelah berusaha lebih dari sebulan, akhirnya postingan-postingan ngalor ngidul kembali lagi kesearch engine dan alhamdulillah sebagian tetap berada dihalaman pertama bahkan menjadi no 1.
^_^

Atas saran dan bimbingan dari dari beberapa teman blogger dikolom komentar, akhirnya admin ngalor ngidul mendaftar Google Adsense melalui pihak ketiga yaitu Flixya. Dan tidak disangka Aplikasi yang saya ajukan di aprove oleh Google Adsense.

Semenjak saat itu pula, saya berusaha untuk mempelajari tentang program google satu ini lebih jauh. Berhubung Google tidak menyediakan panduan dalam bahasa indonesia, saya mengalami sedikit kesulitan sehingga terpaksa mencari kesana-sini. Termasuk mendaftar di forum-forum adsense. Salah satunya adalah Forum Adsense-id.com.

Namun tetap saja merasa kesulitan karena tidak mungkin saya membaca semua posting pertanyaan dan komentar. Bahkan ada yang membuat judul-judul palsu hanya agar forum yang dikelolanya rame pengunjung. Nah dari situ juga saya pernah membaca beberapa bahasan yang menyatakan tentang "memasang iklan adsense di blog berbahasa indonesia" itu melanggar TOS. Sehingga saya terpaksa langsung melepasnya dan hanya memasangnya di salah satu blog berbahasa inggris yang coba saya buat.

Karena mengurus 2 blog sekaligus tidak gampang, akhirnya saya terpaksa membiarkan blog ngalor ngidul ini terbengkalai hampir 2 bulan lamanya. Bahkan tidak sedikit teman-teman yang yang merasa kecewa karena banyaknya komentar yang tidak atau belum sempat saya balas.

Dengan sedikit kemampuan yang saya bisa dan usaha extra, akhirnya blog tersebut pun bisa sedikit demi sedikit memberikan hasil. Karena banyaknya peraturan yang belum saya ketahui dan tidak juga menemukan jawaban, ditambah lagi saya menemukan ada beberapa blog yang mengcopas blog tersebut secara mentah-mentah, akhirnya saya coba untuk berkonsultasi langsung di forum resmi Google Adsense.

Nah, dari sini saya juga baru tahu jika ada beberapa pelanggaran yang saya sudah lakukan karena kurangnya pengetahuan saya. Disitu pelanggaran yang saya lakukan adalah kira-kira sebagai berikut:

1. Blog tersebut dinyatakan bukan kontent asli karena kontent yang saya share terdapat Game full Version. Terutama postingan yang memuat tentang Crack dan Serial Number. Postingan tersebut dinyatakan melanggar TOS karen telah merugikan pihak Develover. Padahal jika kita mencari sesuatu di Google Search Engine, Ada banyak sekali blog atau website yang melakukan hal serupa tetapi tetap anteng dengan iklan GA nya.
2. Blog tersebut terdapat terlalu banyak link keluar blog terutama link-link yang menuju ke situs-situs yang telah dinyatakan melanggar TOS oleh adsense seperti situs-situs hosting ziddu, mediafire, fileserve dan lain sebagainya. Jika teman-teman perhatikan, memang tidak ada satupun dari situs-situs tersebut yang masih memasang iklan dari GA. Mungkin itu karena melakukan pelanggaran yang sama seperti yang saya katakan di point no 1.

Akhirnya iklan GA yang saya pasang di blog tersebut pun saya lepas. Setelah itu yang terjadi ya tinggal bingung mau pasang dimana.
Dalam kondisi bingung tersebut, saya akhirnya berusaha untuk merombak blog info game online secara besar-besaran. Dan bermaksud kembali ingin menanyakan apakah blog tersebut sudah layak untuk dipasang kembali iklan dari Google adsense. Tapi sebelum saya sempat menanyakannya, saya sudah mendapatkan Surat Cinta dari pihak Google adsense. Isinya adalah pernyataan tentang "si dia" gak mau lagi tidur bareng sama ane.
Bukanlah hal yang mudah merombak suatu blog. Apa lagi buat seorang newbie dan blog tersebut memiliki lebih dari 100 posting. Bahkan meskipun terkadang tidak tidur semalaman, blog tersebut belum selesai secara sempurna.

Yang paling membuat saya kecewa adalah setelah salah satu TOP CONTRIBUTORNYA menyatakan blog tersebut blog tersebut melakukan pelanggaran, Meski saya memohon jawaban, tidak ada satupun lagi komentator yang menghiraukan pertanyaan saya. (Baca disini)

Namun meski begitu saya iklash. Meskipun Pihak Google menyediakan sarana untuk mengajukan banding, (Lihat disini) tapi saya juga sudah terlanjur patah hati. Karena percuma saja saya berusaha untuk ngotot minta akun tersebut dikembalikan. Toh, itu memang hak mereka. Karena sesuai pernyataan dari peraturan Google Adsense, "Pihak Google Adsense berhak untuk menutup suatu akun dengan alasan apa pun". Tentang pernyataan ini teman-teman bisa baca disini.

Akhir kata saya cuma bisa berdoa semoga Tuhan menunjukkan jalan buat saya. Karena saya yakin Tuhan itu Maha Adil dan DIA TIDAK BUTA.

GOD IS NOT BLIND

Poskan Komentar

  1. semangat gan...
    mungkin GA belum jadi rejeki agan

    masih banyak Lokalan
    semangat :)

    BalasHapus
  2. wah baru sekali, ane udah 3 kali gan kena banned, xixi sabar aja, ada lokalan kok

    BalasHapus
  3. beralih ke PPC lokal mas bro.. ahaha

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah merasakan kecewanya jika akun GA dibanned. Maklum sampai sekarang gak punya akun GA!

    BalasHapus
  5. saya jga ke baned,,,, google jahatt...

    BalasHapus
  6. pake nama sekampung 30 orang >> sudah dapat kisarab 20 an pin .. semuanya di banned .. aku yakin kalo sekarang google jadi tukang kemplan pembayaran ..

    BalasHapus
  7. NGETAN BALI NGULON KEMAWON PAKDE !

    BalasHapus
  8. wah sama nasib kita masbro, tapi masih beruntung masbro karena daftar ke idblognetwork diterima, saya mah daftar tapi ditolak

    BalasHapus
  9. sama neh gan, blog ane juga barusan kena banned, ni lagi nyari penggantinya!

    BalasHapus
  10. Are you making money from your premium shared links?
    Did you know that Mgcash will pay you an average of $0.50 per link unlock?

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top