6
Cara Menampilkan Page Number di Halaman Kategori Post
Assalamualaikum. Wr. Wb.
Pada postingan kali ini admin ngalor ngidul ingin share satu trik yang mungkin agak langka dan tidak terlalu diperhatikan oleh rekan-rekan blogger semua. Yaitu Cara Menampilkan Page Number di Halaman Kategori Post. Diblog ngalor sendiri tidak menyediakan tutorial untuk pemasangan page number ini karena sudah terlalu banyak blog tutorial yang membahasnya.

Jika anda perhatikan, jarang sekali blog yang telah dipasang page number ini juga memunculkan pagenumber di halaman kategori atau label post. Termasuk saya sendiri. Namun hal ini jadi perhatian saya ketika ada salah satu pelanggan design template di ngalor ngidul yang request page number hanya muncul di halaman kategory post. Karena kurangnya ilmu akhirnya admin mengatakan jika hal itu sepertinya "TIDAK MUNGKIN" untuk dilakukan karena sudah coba otak atik script dan lain sebagainya, tetap juga tidak berhasil. Bahkan sampai saat orderan sudah diambil.

Karena tetap merasa penasaran, saya tetap mencari cara agar Page Number tersebut bisa muncul dihalaman kategori atau label post. Dan akhirnya berhasil menemukan sedikit trik yang mungkin bisa membantu.

Seperti diketahui bersama, hampir rata-rata format URL yang mengarah kehalaman label atau kategori post pasti seperti di bawah ini
http://..../search/label/NAMA-LABEL
atau
 http://..../search/label/NAMA-LABEL?max-results=10
Hal ini memang sudah menjadi URL standard dari blogger sendiri. Namun ternyata dengan menggunakan URL standard tersebut, bisa dipastikan pagenumber yang telah kita pasang tidak akan langsung muncul di halaman kategory pertama. Page Number baru akan muncul jika pengunjung mengklik halaman selanjutnya atau newer post/older post.

Lalu bagaimana cara agar pagenumber tersebut bisa langsung muncul?
Jawabannya sangat sederhana. Yaitu dengan dengan sedikit memodifikasi URL tersebut. Kita hanya perlu menambahkan kode ?updated dan/atau  &.

Untuk cara penggunaan dan menambahkannya adalah sebagai berikut.

A. Pada bagian Menu navigasi blog

1. Pada kode URL pertama, format URL adalah seperti ini:
http://..../search/label/NAMA-LABEL
Rubah kode URL menjadi
http://..../search/label/NAMA-LABEL?updated

2. Sedangkan kode URL kedua
http://..../search/label/NAMA-LABEL?max-results=10
Rubah menjadi
http://..../search/label/NAMA-LABEL?&max-results=10

*** angka 10 adalah jumlah yang akan tampil dihalaman pertama.

Cara Menampilkan Page Number di Halaman Kategori Post
B. Link Label Standard/Kategori bawaan blogger
Setelah mengganti URL pada menu utama, masih ada satu lagi yang harus kita lakukan agar semua link yang menuju kehalaman kategori bisa memilik fungsi yang sama.

1. Masuk ke dashboard => Design => Edit html. Centang Expand Widget Templates.
2. Cari kode
'data:label.url'
3. Ganti semua kode yang ditemukan dengan kode
'data:label.url + "?&max-results=10"'
4. Save template dan lihat Hasilnya.

Semoga Bermanfaat..!!!

Posting Komentar

  1. Siipppp!!
    langsung praktek :)

    BalasHapus
  2. Langsung praktekin aja deh ... mantap back ya http://www.novaibnu.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih Gan Sangat Membantu
    Kunjungi Bogger Gw ya

    http://bloggernyasipil.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. postingan yang sangat bagus (y), tp tolong bisa jelaskan apa artinya script '&amp' ? karena saya kurang paham dengan arti script itu

    BalasHapus
  5. postingan yang sangat bagus (y), tp tolong bisa jelaskan apa artinya script '&amp' ? karena saya kurang paham dengan arti script itu

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top