17
the process com.google.process.gapps has stopped
Pada postingan kali ini admin ngalor ngidul ingin berbagi sedikit pengalaman yang kemaren alami dengan masalah seputar android. Bahasan ini mungkin sangat melenceng dari yang biasa di bahas di blog ini. Pengalaman yang ingin admin share adalah tentang peringatan error: "the process com.google.process.gapps has stopped" yang muncul  pada android.

Setelah searching di mbah google, ada beberapa solusi yang admin temukan di forum-forum android. Mulai dari uninstall program yang baru di install, uninstall aplikasi google play, membersihkan cache program sampai ke suruh restore ke bawaan pabrik admin temui. Bahkan ada yang mengatakan kalau kita harus update firmware segala macam.

Namun admin untungnya tidak sampai mencoba semua yang di sarankan. Admin mencoba untuk sedikit bersabar mencari penyebab yang mungkin telah lakukan sebelum peringatan tersebut muncul. Akhirnya admin menemukan sedikit solusi yang masuk akal dan memang admin lakukan. 

Sebelum peringatan error "the process com.google.process.gapps has stopped" di android yang admin pakai, ada satu aplikasi yang admin pasang yang sudah harus di update. Lalu karena jaringan yang putus-putus, admin batalkan proses download yang sedang berlangsung secara paksa. Sehingga secara otomatis aplikasi download manager yang ada di android tersebut pun menjadi dalam kondisi tidak aktif.

Lalu bagaimana cara mengatasi peringatan error "the process com.google.process.gapps has stopped" pada android ini agar tidak lagi muncul. Kalau sudah tahu penyebabnya, caranya sangat gampang.

1. Masuk ke menu setting pada android.
2. Pilih setting Application Manager.


3. Buka tab All Applications
4. Cari aplikasi download manager.
5. Rubah setting download manager dari Disable menjadi Enable.


Setelah selesai, coba restart perangkat android kalian. Menurut pengalaman admin cara ini langsung berhasil. Jika pada kasus sobat belum berhasil mungkin kalian harus kembali searching di mbah google untuk menemukan penyebab dan solusi yang sesuai dengan error yang terjadi pada perangkat yang kalian gunakan.

Jika kalian tidak bisa menemukan nama setting yang sama, coba cari nama yang mirip dengan yang ada di petunjuk. Seperti Application Manager, sebagian android hanya ada setting Apps atau Applications. Demikian juga dengan Download Manager, sebagian android hanya ada setting Downloads.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

  1. Disablednya dlm kondisi off, jd bagaimana?

    BalasHapus
  2. min.. tp di smartphone saya gk cuma kalimat ("the process com.google.process.gapps has stopped) saja yg selalu muncul..
    tp semua aplikasi yg terpasang juga selalu muncul
    misalnya seperti (sayangnya google play, layanan google, dan ironisnya, sampe (Shetting) an saja berenti..
    apa ya Min kendalanya..?
    dan gimana cara mengatasinya..
    mohon saran nya..
    mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku Flash ulang aja hh nya, soalnya pengalaman pribadi

      Hapus
  3. tidak bisa di klik enable bagaimana caranya?

    BalasHapus
  4. Sayangnya admin masih pake jelly bean. Coba pake kitkat ni repotnya minta ampun gara2 diroot n nyoba2 pake lucky patcher tiba2 notif gapps terhenti dan ini terjadi berkali2. Dah hapus hosts, data n cache google play, google layanan n akun google tetep aja muncul. Bahkan ga bs mbikin akun google lagi. Ni sepertinyaharus instal ulang kitkat

    BalasHapus
  5. Www.dakwahmuslim.co.vu
    Dakwahmuslim.blogspot.com

    BalasHapus
  6. thanks om...saya sudah mencoba. dan sekarang android saya lancar berkat postingan om. TVM \:D/

    BalasHapus
  7. Ada cara yg lebih ampuh min. sekalian bagi pengalaman bolehkan?. nih sobat cara mehentikan layanan google play berhenti dan process.gapps berhenti. anda harus punya link2sd kalo belum punya cari apk di google atau di playstore. kalau sudah buka link2sd lalu cari layanan google play services lalu bekukan deh. beres dan ampuh 100% work 100%. makasih sekali lagi admin izin nya hehehe.

    BalasHapus
  8. mimin makasih, di coba dulu =D

    BalasHapus
  9. Sudh sya cari tp Ko tombol pny sya g aktip nya g nyala .. Itu knp y sob. Jdi g bisa k inable.. Tolong bntu sya sob.. Udh 3 blan hp sya kaya gini.. Please

    BalasHapus
  10. Knp y saat saya mw d inable ko g bisa kalimat aktipkan ny pun mati itu gmn cara nya y sob.. Please bantu saya.. Udh hmpir 4 bln hp sya kaya gini trus sob..

    BalasHapus
  11. wah, kalo saya agak lain nih, ketika keluar pesan ini, saya tap ok, muncul lagi, muncul lagi, sehingga saya tidak bisa mentap setting
    bahkan ketika saya sudah sampai setting, setting nya yang has stopped :(
    tau gak gimana masalah nya :(

    BalasHapus
  12. Sudah saya coba,tapi tetap aja begitu" lagi,tolong gan.terima kasih

    BalasHapus
  13. min di HH saya kok nggak bisa mengubah disable menjadi enabled ya? kebetulan hp saya Evercoss A7V mohon bantuannya

    BalasHapus
  14. Ane coba seperti perintah agan dibikin disable, pas restart tetep nongol. Trus coba aja di "clear Data". Trus coba restart.. eh berhasil ga nongol lagi tu gan.

    BalasHapus

Mohon maaf bila admin tidak bisa langsung membalas atau pun langsung berkunjung kembali ke blog sahabat blogger yang telah berkunjung ke sini. Kalian bisa meninggalkan komentar yang layak dengan menggunakan Nama dan URL blog sobat. Saya mengaktifkan filter dan comment moderator full sehingga setiap komentar pasti saya baca dan jika memang itu saya rasa harus dijawab, pasti saya akan memenuhinya.

Hanya komentar yang memang saya anggap pantas yang akan diterbitkan. Sekalipun itu kritikan atau ejekan, jika memang itu layak untuk di bahas.

 
Top